Pelatihan PeTIK 2008 di Kota Palangka Raya bag-1

Setelah mengikuti TOT Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PeTIK) 2008 yang diselenggarakan oleh PUSTEKKOM Depdiknas, tiba saatnya ’menerapkan ilmu’ yang telah diperoleh untuk memberikan pemahaman dan persepsi yang sama mengenai metode yang tepat untuk pemanfaatan TIK. Kota Palangka Raya adalah tempat pertama sebagai tempat pelaksanaan TOT daerah.

 

TOT CMT PeTIK 2008 Kota Palangka Raya diselenggarakan tanggal 23 – 25 Juli 2008 di MAN Model Palangka Raya. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN Model Palangka Raya. Secara resmi, pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Hardy Rampai, M.Si. Dihadiri oleh beberapa pejabat di Dinas Pendidikan Prov. Kalteng. Turut hadir pada acara tersebut tim dari PUSTEKKOM Jakarta, yaitu Drs. Kenthut dan Jasmen Panjaitan, S.Pd. Drs. Kenthut yang mewakili Kepala Pustekkom, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan PeTIK bagi guru-guru merupakan salah satu program strategis Depdiknas dan hampir serentak dilaksanakan di 33 provinsi. Khusus untuk provinsi Kalimantan Tengah, kuota yang tersedia 135 orang di 4 titik, yaitu Kota Palangka Raya, Pangkalan Bun, Sampit, dan Kuala Kapuas. Distribusi peserta dapat dilihat disini. Dalam sambutannya, Drs. Hardy Rampai, M.Si. menyambut baik kegiatan ini karena akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidik (guru) di Kalimantan Tengah khususnya di kota Palangka Raya. Sudah saatnya guru memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yangs sedang berkembang pesat dewasa ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, tegas kepala dinas. Lebih jauh dijelaskannya lagi bahwa Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan senantiasa mendukung setiap upaya yang dilakukan segenap komponen pemerintah dan masyarakat yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Kalteng. Apalagi kegiatan semacam ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, sehingga program ”Seminar Masuk Desa” yang dicanangkan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng menjadi semakin bermakna. Akhirnya beliau mengucapkan selamat mengikuti pelatihan, semoga manfaat yang diperoleh dapat disosialisasikan dan disebarkan kepada rekan sejawat.


Pelatihan PeTIK untuk kota Palangka Raya diikuti oleh 29 orang peserta dari 40 orang yang diundang. Kurangnya peserta yang hadir dari kuota yang ditetapkan karena terbentur masalah birokrasi.

 

Selesai acara pembukaan, peserta langsung menerima penjelasan mengenai modul yang akan didiskusikan yang berjumlah 10 modul. Hari pertama ini peserta mendapatkan presentasi dari Fasilitator Pustekkom, Drs. Kenthut mengenai TIK untuk Pembelajaran dan Internet dalam Pembelajaran.

 

Session terakhir untuk hari 1 ini peserta dibagi menjadi 6 kelompok untuk mempelajari 10 modul yang akan dipresentasikan pada hari 2. Peserta juga diwajibkan meng-unggah (upload) Portofolio yang akan dibuat, yaitu RPP dan Presentasi Bahan Ajar ke server, http://pelatihan.depdiknas.go.id/unggah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: